KB. 1 KONSEP DASAR PEMBELAJARAN
TERPADU
A. Pengertian Pembelajaran Terpadu
Ada dua istilah yang memiliki
hubungan yang saling terkait, yaitu kurikulum terpadu (integrated curriculum)
dan pembelajaran terpadu (integrated learning).
1. Kurikulum terpadu adalah kurikulum yang menggabungkan
sejumlah disiplin ilmu melalui pemaduan isi, ketrampilan, dan sikap (Wolfinger,
1994:133). Rasional pemaduan itu disebabkan oleh beberapa hal berikut:
a. Pengalaman belajar bersifat interdisipliner sehingga
diperlukan multi-skill
b. Tuntutan interaksi kolaboratif
c.
Memudahkan
anaka membuat hubungan antarskemata
d. Efesiensi
e. Tuntutan keterlibatan anak tinggi dalam proses
pembelajaran
2. Pembelajaran terpadu sebagai suatu konsep dapat
diartikan sebagai pendekatan pembelajaran yang melibatkan beberapa mata
pelajaran untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa. Bermakna
artinya siswa akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman
langsung dan mengbungkannya dengan konsep lain yang sudah mereka pahami. Menurut
Aminudin, (1994). Pengertian pembelajaran terpadu dapat dilihat sebagai
berikut:
a. Suatu pendekatan pembelajaran yang menghubungkan
berbagai mata pelajaran yang mencerminkan dunia nyata di sekeliling serta dalam
rentang kemampuan dan perkembangan anak;
b. Suatu cara untuk mengembangkan pengetahuan dan
keterampilan anak secara serempak (simultan);
c. Merakit atau menggabungkan sejumlah konsep dalam
beberapa mata pelajaran yang berbeda, dengan harapan siswa akan belajar dengan
lebih baik dan bermakna.
Menurut Anda dimana letak perbedaannya antara konsepsi
kurikulum terpadu dengan pembelajaran terpadu? Apakah dari segi perencanaan dan
pelaksanaannya.
B.
Karakteristik Pembelajaran Terpadu
1. Berpusat pada siswa (student centered)
2. Memberikan pengalaman langsung kepada siswa (direct
experiences)
3. Pemisahan antarmata pelajaran tidak begitu jelas.
4. Menyajikan konsep-konsep dari mata pelajaran dalam
sutu proses pembelajaran
5. Bersifat luwes (fleksibel)
6. Hasil pembelajaran dapat berkembang sesuai dengan
minat dan kebutuhan siswa.
Beberapa
kendala dalam pelaksanaan pembelajaran terpadu di antaranya:
a. Kompetensi dasar dalam kurikulm 2004 masih
terpisah-pisah kedalam mata pelajaran mata pelajaran yang ada.
b. Pelaksanannya dibutuhkan sarana dan prasana belajar
yang memadai untuk mencapai kompetensi dasar secara optimal.
c. Belum semua guru sekolah dasar memahami konsep
pembelajaran terpadu secara utuh.
C. Landasan Pembelajaran Terpadu
Landasan ini pada hakikatnya
adalah faktor-faktor yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan oleh para guru
pada waktu merencanakan, melaksanakan, serta menilai proses dan hasil
pembelajaran.
1. Landasan filosofis
Perumusan
kompetensi dan materi pada dasarnya bergantung pada pertimbangan-pertimbangan
filosofis. Ada tiga aliran filsafat sebagai berikut:
a. Aliran progresivisme menekankan pada penekanan
kreativitas, pemberian sejumlah kegiatan, suasana yang alamiah dan
memperhatikan pengalaman siswa. Dengan kata lain proses pembelajaran bersifat
mekanistis (Ellis, 1993).
b. Aliran konstruktivisme melihat pengalaman
langsung siswa (direct experiences) sebagai kunci dalam pembelajaran.
c. Aliran humanisme melihat siswa dari segi
keunikan, potensi dan motivasi yang dimilikinya.
2. Landasan Psikologis
Berkaitan dengan psikologi
perkembangan peserta didik dan teori belajar. Tugas utama guru membantu
mengoptimalkan perkembangan siswa seperti perkembangan fisik, intelektual,
sosial, emosional, dan moral melalui proses belajar. Pandangan Psikologis yang
melandasi pembelajaran terpadu sebagai berikut.
a. Pada dasarnya masing-masing siswa membangun
realitasnya sendiri.
b. Pikiran seseorang pada dasarnya mempunyai kemampuan
untuk mencari pola dan hubungan antara gagasan yang ada.
c. Pada dasarnya siswa adalah seorang individu dengan
berbagai kemampuan yang dimilikinya dan mempunyai kesempatan untuk berkembang.
d. Keseluruhan perkembangan anaka adalah terpadu dan anak
melihat dirinya dan sekitarnya secara utuh (holistik).
3. Landasan
Praktis
Berkaitan dengan kondisi-kondisi
nyata yang pada umumnya terjadi dalam proses pembelajaran saat ini, sehingga
harus mendapat perhatian dalam pelaksanaan pembelajaran terpadu. landasan
praktis dalam pembelajaran terpadu sebagai berikut.
a. Perkembangan ilmu pengetahuan begitu cepat sehingga
terlalu banyak informasi yang harus dimuat dalam kurikulum.
b. Hamper semua pelajaran di sekolah diberikan secara
terpisah satu sama lain, padahal seharusnya saling terkait.
c. Permasalahan yang muncul dalam pembelajaran sekarang
ini cenderung lebih bersifat lintas mata pelajaran (interdisipliner)
sehingga dipelukan usaha kolaboratif antara berbagai mata pelajaran untuk
memecahkannya.
d. Kesenjangan yang terjadi antara teori dan praktek
dapat dipersempit dengan pembelajaran terpadu sehingga siswa akan mampu
berfikir teoritis dan pada saat yang sama mampu berpikir praktis.
4. Perlu dipertimbangkan landasan IPTEK
Untuk menyelaraskan materi
pembelajaran terpadu dengan perkembangan dan kemajuan yang terjadi dalam dunia
IPTEK, baik secara langsung maupun tidak langsung.
D. Prinsip-Prinsip Pembelajaran Terpadu
Dalam proses penggalian tema-tema perlu diperhatikan prinsip-prinsip
sebagai berikut.
1. Tidak terlalu luas.
2. Harus bermakna
3. Disesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa
4. Sebagian besar minat siswa
5. Mempertimbangkan peristiwa yang otentik
6. Mempertimbangkan kurikulum yang berlaku
7. Mempertimbangkan ketersediaan sumber belajar.
Dalam proses pelaksanaan pembelajaran terpadu perlu
diperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut.
1. Guru hendaknya tidak otoriter yang mendominasi
aktivitas pembelajaran
2. Pemberian tanggung jawab individu dan kelompok harus
jelas dalam setiap tugas
3. Guru perlu bersikap akomodatif terhadap ide-ide yang
tidak terpikirkan dalam perencanaan pembelajaran
Dalam proses penilaian pembelajaran terpadu perlu
diperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut.
1. Memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan
penilaian diri (self evaluation) di samping bentuk penilaian lainnya.
2. Guru perlu mengajak para siswa untuk menilai perolehan
belajar yang telah dicapai berdasarkan kriteria keberhasilam pencapaian tujuan
dan kompetensi yang telah disepakati.
E. MANFAAT PEMBELAJARAN TERPADU
Beberapa
manfaat yang dipetik dalam pembelajaran terpadu, antara lain:
1. Menggabungkan berbagai mata pelajaran akan terjadi
penghematan karena tumpang tindih materi dapat dikurangi bahkan dihilangkan.
2. Siswa melihat hubungan-hubungan yang bermakna sebab
materi pembelajaran lebih berperan sebagai sarana atau alat
3. Meningkatakan taraf kecakapan berpikir siswa
4. Kemungkinan pembelajaran yang terpotong-potong sedikit
sekali terjadi
5. Memberikan penerapan-penerapan dunia nyata
6. Pemaduan antarmata pelajaran diharapkan penguasaaan
materi akan semakin baik dan meningkat
7. Pengalaman belajar antarmata pelajaran sangat positif
untuk membentuk pendekatan menyeluruh pembelajaran terhadap pengembangan ilmu
pengetahuan
8. Motivasi dapat diperbaiki dan ditingkatkan dalam
pembelajaran antarmata pelajaran
9. Membantu menciptakan struktur kognitif atau
pengetrahuan awal siswa
10. Terjadi kerja sama yang lebih meningkat antara para
guru, para siswa, guru-siswa dan siswa-nara sumber lain, belajar lebih
menyenangkan belajar dalam situasi yang lebih nyata, dan dalam konteks yang
lebih bermakna.
Datftar Pustaka
Hernawan, Asep Herry Drs. Dkk. (2009).Pembelajaran
Terpadu di SD.Jakarta:Universitas Terbuka
Selamat Siang pak Ncos....
BalasHapusKunjungan silaturahmi
Ohya, ngirim link... caranya gimana ya pak ??
makasih pa harun,,,atas kunjungannya. gimana kalau daftr ke ziddu,. lewat my link.
Hapusmanis pak...
BalasHapustrims atas kunjungannya
HapusSelamat siang... kunjungan silahturahmi.. jangan lupa nengok ke situs kami ya ^_^
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapustrima kasih banyak pak, berguna sekali postingannya bagi saya, karena mau ujian. Doakan sukses ya pak Harun. :D
BalasHapusterima kasih banyak pak, sangat membantu saya sekali apalagi mau ujian.
BalasHapusdoakan berhasil ujiin saya ya pak. :D
terima kasih banyak pak, sangat membantu saya sekali apalagi mau ujian.
BalasHapusdoakan berhasil ujiin saya ya pak. :D
TRIMA KASIH BANYAK PAK, MEMBANTU SEKALI. DOAKAN UJIAN SAYA SUKSES PAK. :D
BalasHapusTRIMA KASIH BANYAK PAK, MEMBANTU SEKALI. DOAKAN UJIAN SAYA SUKSES PAK. :D
BalasHapusterima kasih banyak pak, sangat membantu saya sekali apalagi mau ujian.
BalasHapusdoakan berhasil ujiin saya ya pak. :D
terima kasih banyak pak, sangat membantu saya sekali apalagi mau ujian.
BalasHapusdoakan berhasil ujiin saya ya pak. :D